Rabu, 25 Mei 2016

Copot Panel Tengah Nissan Grand Livina

mungkin ada user grand livina yang bingung gimana cara copot panel tengah grand livina atau livina (old series) yang dimana, jika kita bisa mencopot panel tengah grand livina tersebut, kita dapat melakukan berbagai macam hal. mulai bebersih lubang ac , penggantian Head Unit dengan head unit aftermarket (misalnya), pengen tau bentuk kabel body grand livina (kalo yang ini mah kerajinan amat😆 ), atau sekedar pengen tau gimana cara copot panel tersebut.

nah karena saya sempet kebingungan juga pada awalnya hingga tanya sana-sini sampai akhirnya dapet infonya. namun secara tulisan gak ada gambarnya. sehingga saya inisiatip membuat kembali sesuai dengan apa yang saya tangkap dan dengan cara saya sendiri😆

langsung aja, alat yang dibutuhkan hanya 3. hanya 3? ah masa? iya bener kok. alatnya obeng kembang, niat, dan kemauan (seperti biasa karena ini DIY (do it yourself), niat dan kemauan adalah hal terpenting.:mrgreen: )

dengan obeng kembang yang seperti ini :


kita bisa membuka panel tengah grand livina yang kayak gini bentuknya😀


pertama-tama yang harus dilakukan adalah menarik lighter dari tempatnya. kenapa harus ditarik? sebetulnya gak ditarik gak papa sih, cuman daripada mental kemana-mana dan pake acara ngolong jok buat nyari lighter yang mental, males banget😆


sesudah dicopot, pindahin dulu persneling ke netral (untuk yang matic). kenapa? supaya ruang gerak jadi lega. entah karena tangan saya yang kegedean atau gimana, persneling matic yang dibiarkan pada posisi Park itu ganggu pas muter baut di belakang tombol hazard. gak usah difoto ya oper persnelingnya, pasti udah pada tau kan😆

setelah posisi netral, dengan obeng kembang copot baut dibelakang tombol hazard :


puter secara counterclockwise atau melawan arah jarum jam:)


ketika sudah berhasil dicopot, masukkan tangan ke bawah deket lighter, dan masuk ke belakangnya. lalu tarik ke belakang ( dari kiri atau kanan sesuai selera. jangan dari tengah bisa patah panelnya😆

rada keras memang, tapi memang seperti itu supaya gak getar. tarik dengan penuh hati-hati sampai bunyi “bletaak” secara halus. bukan “bletaak” bunyi patah.

dan nanti bisa kebuka sedikit seperti ini :


ketika menarik, jangan terlalu nafsu. dirumah lighter ada kabel konektor. jangan sampe ketarik dan putus. alon-alon aja:)
lanjut ke tengah keatas dengan menarik dari kiri ke kanan atau sebaliknya hingga bagian tengah kebuka. dan ingat jangan terlalu nafsu. dibagian tengah ada kabel saklar tombol hazard:)


ketika panel bagian tengah sudah terbuka tinggal bagian paling atas. caranya cukup tricky. untuk mencopotnya dengan menarik didekat kisi ace diatas Head unit keatas dikit, lalu kebelakang. namun rada turun kebawah. ketika panel berhasil dibuka, jangan langsung tarik. saatnya mencopot soket kabel hazard dan lighter:)


Tekan Arah Panah Merah Lalu Tarik Ke Depan


sesudah soket hazard dibuka, saatnya pindah kebawah ke soket lighter. cara copotnya :


Tekan di Bagian Panah Berwarna Merah Sampai Lepas

ketika sudah mencopot semua soket, panel Grand Livina atau Livina (old series) sudah berhasil. untuk mengembalikannya tinggal diulang dari tahapan terakhir hingga keatas:)

oiya ini saya bikin juga videonya. semoga yang bingung cara yang dengan gambar, dengan video ini jadi gak makin bingung😆 (maaf videonya cuman 144p. mau hikin HD cuman koneksi terbatas😥 )

sumber : https://anggiwirza.wordpress.com/2014/01/30/diy-copot-panel-tengah-nissan-grand-livina/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar